6 Tips Berguna untuk Memperpanjang Umur Ponsel Anda

Kami telah mengumpulkan beberapa tip dan trik yang akan membantu Anda merawat ponsel dengan lebih baik, menjaganya agar tetap dalam kondisi baik, dan menggunakannya lebih lama.

1. Lindungi layar ponsel

Terjadi kecelakaan. Semua orang pernah ke sana: Anda dengan senang hati mengetuk ponsel Anda, ketika tiba-tiba ponsel itu terlepas dari tangan Anda dan jatuh ke lantai, menghancurkan layar. Selain itu, memperbaiki kerusakan bisa terbukti mahal.

Kaca yang digunakan pada ponsel sangat rapuh. Orang menginginkan ponsel yang tipis dan ramping, yang berarti kaca tidak boleh terlalu tebal dan menggunakan kaca yang lebih tahan lama itu mahal, yang selanjutnya akan menaikkan harga smartphone. Layar sentuh ponsel cerdas juga harus dapat mencatat sentuhan, yang hampir tidak berfungsi dengan baik melalui kaca tebal.

Hal terburuk yang dapat terjadi pada ponsel adalah ponsel membenturkan sudut terlebih dahulu ke permukaan batu, kerikil, atau aspal. Namun, ketika layar smartphone pecah, kemungkinan besar telah menerima banyak pukulan yang melemahkan daya tahannya satu per satu.

Mengganti layar yang rusak jauh lebih mahal daripada melindunginya terlebih dahulu. Pelindung layar tidak membutuhkan biaya banyak, sedangkan mengganti layar yang rusak bisa menghabiskan biaya ratusan. Menurut Newslinn pelindung film plastik hanya melindungi layar dari goresan, jadi sebaiknya gunakan pelindung layar kaca tempered untuk smartphone. Pelindung layar kaca tempered tahan benturan dan tampilan layar identik dengan ponsel tanpa pelindung .

Saat pelindung layar rusak, mudah untuk menggantinya – biasanya ponsel itu sendiri tidak rusak sama sekali.

Bahkan jika Anda melindungi ponsel Anda dengan penutup dan pelindung layar kaca temper, Anda harus tetap ingat bahwa itu adalah benda yang sangat rapuh. Cobalah untuk tidak menjatuhkan atau menekuk telepon dan membenturkannya ke permukaan yang keras. Ketukan menyebabkan patah tulang mikro yang tumbuh perlahan dengan setiap benturan. Semakin banyak retakan mikro, semakin besar kemungkinan layar pecah karena benturan yang lebih besar.

2. Lindungi badan ponsel dengan casing pelindung

Selain layar, sangat disarankan untuk melindungi bodi ponsel. Misalnya, di beberapa iPhone , antena seluler terletak di samping telepon. Jika telepon menerima beberapa pukulan di tempat tertentu, sinyal mungkin melemah. Beberapa model juga memiliki penutup belakang kaca, yang harus dilindungi agar tidak pecah. Kasing ini juga melindungi kamera ponsel dari goresan saat diletakkan di atas meja.

Casing ponsel tersedia dalam berbagai warna, sehingga dapat mengubah tampilan ponsel secara dramatis. Mereka juga dapat dibuat dari semua jenis bahan, seperti plastik keras atau lunak, logam, kayu atau kulit.

Perlindungan terbaik diberikan oleh kasing yang memiliki penutup terpisah untuk layar, yang disebut kasing dompet. Tentu saja, mereka membuat ponsel agak lebih tebal dan lebih besar, tetapi tidak ada duanya dalam hal melindungi ponsel. Kasing dompet melindungi ponsel cerdas dari depan dan belakang dan kedua sisi, dan juga mudah untuk menyimpan kartu kredit Anda, misalnya.

3. Maksimalkan masa pakai baterai dengan mengisi daya ponsel dengan benar

Saat ini, smartphone terutama menggunakan baterai lithium-ion . Dibandingkan dengan teknologi baterai tradisional, baterai ini mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama. Baterai lithium-ion memiliki trik kecilnya sendiri yang akan membuatnya bertahan lebih lama saat digunakan. Pilihan dan metode pengisian daya yang salah bahkan dapat mengurangi separuh masa pakai baterai.

Anda tidak boleh mengisi penuh ponsel cerdas Anda, yaitu hingga 100%. Mengisi daya ponsel hingga penuh, terutama dari tingkat daya yang rendah akan mengurangi masa pakai baterai. Anda juga tidak boleh membiarkan baterai ponsel benar-benar kosong.

Cara yang benar untuk mengisi daya ponsel Anda adalah dengan melakukannya sedikit demi sedikit. Anda harus mengisi daya ponsel Anda kapan pun ada kesempatan – meskipun hanya beberapa menit setiap kali. Tingkat daya harus terus dipertahankan antara 45-75 persen. Jadi, misalnya, kebiasaan banyak orang yang menggunakan ponsel mereka sepanjang hari dan mengisi dayanya semalaman berdampak buruk bagi masa pakai baterai.

Anda juga tidak boleh mengisi daya ponsel dengan pengisi daya perangkat lain – misalnya, Anda tidak boleh mengisi daya iPhone menggunakan pengisi daya iPad. Pengisi daya yang dirancang untuk perangkat yang berbeda dapat memberikan jumlah daya yang berbeda ke perangkat, meskipun terlihat sama. Pengisi daya cepat yang agak baru memiliki efek serupa pada baterai. Anda setidaknya tidak boleh menggunakan pengisi daya cepat yang murah karena, pada dasarnya, mereka memasok daya yang salah ke telepon dan dengan demikian merusak baterai.

4. Jaga keamanan informasi Anda

Sejumlah besar informasi tentang pengguna disimpan di ponsel mereka. Anda tidak ingin gambar, pesan, daftar kontak, nama pengguna atau kata sandi jatuh ke tangan yang salah. Jelas, cara paling efektif untuk melawan ancaman yang terkait dengan privasi seluler adalah dengan tidak kehilangan ponsel Anda. Sebelumnya, sebelum zaman smartphone, menonaktifkan kartu SIM Anda membantu jika Anda kehilangan ponsel. Saat ini, menonaktifkan kartu SIM Anda tidak benar-benar mencegah informasi jatuh ke tangan yang salah. Untungnya, bagaimanapun, setidaknya Apple menawarkan kemungkinan untuk mengosongkan data pada perangkat dari jarak jauh melalui iCloud dengan ID Apple Anda.

Anda harus selalu melindungi ponsel Anda dengan kode sandi. Bahkan kode sandi pendek atau pola keamanan adalah cara yang efektif untuk mencegah orang luar mengakses perangkat. Jangan menyetel kode yang terlalu jelas, seperti 1234 atau 0000, karena seseorang yang mencoba membobol ponsel pasti akan mencoba kode ini terlebih dahulu. Smartphone terbaru dapat dibuka dengan sidik jari atau pengenalan wajah, yang sangat aman.

Selalu unduh aplikasi dari toko aplikasi yang aman. Manajer toko aplikasi biasanya sangat berhati-hati tentang jenis aplikasi yang mereka terima ke toko dan siapa yang dapat menawarkannya kepada pelanggan. Dalam posting blog sebelumnya, kami menjelaskan mengapa ponsel Apple lebih aman daripada, misalnya, ponsel Android. Ini sebagian karena cara Apple dengan hati-hati memilih pengembang aplikasi mana yang mendapatkan akses ke apa yang disebut ekosistem Apple – jaringan perangkat, aplikasi, dan pengembang.

Ponsel dan aplikasi yang dikandungnya juga harus selalu diperbarui dan diperbarui. Pembaruan biasanya memperbaiki bug dan celah keamanan, jadi memperbarui adalah cara mudah untuk menjaga keamanan ponsel tetap mutakhir.

5. Gunakan telepon dengan benar dalam cuaca dingin

Terutama di negara-negara utara, kondisi musim dingin mempersulit penggunaan smartphone. Karena cuaca dingin, reaksi kimia yang menghasilkan listrik di baterai ponsel melambat dan sebagian energi yang dihasilkan baterai dihabiskan untuk menghangatkan baterai alih-alih berubah menjadi listrik. Ini adalah penjelasan sederhana mengapa baterai ponsel lebih cepat habis di cuaca dingin daripada cuaca hangat.

Sebaiknya isi daya telepon sebelum pergi ke luar dan bahkan mungkin membawa pengisi daya portabel, yang memungkinkan Anda menjaga baterai tetap terisi daya secara optimal selama perjalanan yang lebih lama di luar ruangan yang dingin. Namun, Anda tidak boleh mengisi daya ponsel yang dingin. Isi daya telepon hanya jika Anda berhasil membuatnya tetap hangat di saku Anda.

Ponsel dapat dengan mudah tetap hangat jika Anda menyimpannya di dekat tubuh Anda, bukan di saku celana, misalnya di saku dalam atau saku dada jas Anda. Suhu tubuh manusia tetap relatif stabil dan telepon tidak terkena dingin atau perubahan suhu. Anda juga tidak boleh meninggalkan ponsel dalam cuaca dingin, misalnya, di dalam mobil saat Anda berbelanja bahan makanan.

Udara dingin dengan mudah mengembun menjadi uap air, jadi ketika Anda memasukkan ponsel ke dalam saku setelah digunakan, Anda harus memastikannya tidak mengembun di sana. Juga bukan ide yang baik untuk membawa ponsel ke dalam saat Anda berada di luar dalam cuaca yang sangat dingin, sebaliknya Anda harus membiarkannya terbiasa dengan udara dalam ruangan yang hangat di lorong, misalnya.

6. Lakukan hal yang benar jika ponsel Anda basah

Misalnya, iPhone terbaru tahan air dan setidaknya menurut iklan, bahkan ada telepon tahan air yang tersedia. Namun, jika Anda menjatuhkan ponsel ke laut, misalnya, Anda harus segera bertindak untuk menyelamatkan ponsel. Anda harus segera mengeluarkan ponsel dari air, sehingga sesedikit mungkin air dapat masuk ke dalamnya. Daya harus segera dimatikan dan Anda tidak boleh mencoba menghidupkan telepon, menggunakannya, atau mengisi dayanya.

Jika ponsel terjatuh ke air laut yang asin atau cairan manis seperti jus, Anda harus membilas ponsel dengan air keran atau alkohol. Garam dan gula mempercepat korosi begitu mereka masuk ke telepon , yang berlangsung di dalam telepon dari waktu ke waktu dan kemudian akan membuatnya tidak dapat digunakan.

Kelembaban yang terlihat harus dikeringkan dengan kain dan Anda harus menggoyangkan ponsel atau mengetuknya ke kaki Anda, misalnya, sehingga air keluar dari port pengisian daya dan headphone. Bagian yang dapat dilepas, seperti SIM atau kartu memori harus dikeluarkan. Jika baterai dan penutup belakang terlepas, Anda juga harus melepasnya, tetapi ini tidak dapat dilakukan dengan iPhone.

Setelah kering, masukkan ponsel ke dalam kantong kedap udara yang berisi nasi. Kantong harus kedap udara agar beras menyerap kelembapan dari ponsel, bukan udara. Anda harus membiarkan ponsel berada di dalam kantong beras setidaknya selama 48 jam sebelum mencoba memulainya. Jangan pernah menggunakan pengering rambut atau pemanas lainnya untuk mengeringkan telepon, karena dapat merusak komponen internal telepon.

Telepon mungkin tampak berfungsi pada awalnya, tetapi masalah dapat muncul kemudian. Kerusakan dapat terjadi atau muncul dalam fungsi telepon hanya beberapa bulan kemudian. Jika telepon tidak mau hidup atau beberapa komponen atau fungsi tidak berfungsi, Anda harus memperbaiki telepon di tempat yang dapat dibuka dan kerusakan akibat air dapat diperiksa lebih dekat. Ingatlah bahwa garansi ponsel akan hangus segera setelah basah, jadi jika Anda membawanya untuk diperbaiki, Anda harus membayar sendiri perbaikannya.

Segera beri tahu perusahaan asuransi Anda jika ponsel basah. Bahkan jika itu berfungsi pada awalnya, masalah besar mungkin muncul kemudian yang membuat telepon tidak dapat digunakan. Tergantung pada kontrak asuransi, asuransi rumah Anda dapat menanggung telepon yang rusak karena air.

Leave a Comment