Bursa Eropa Melemah, Investor Pantau the Fed dan Ketegangan di Ukraina

Bursa Eropa Melemah, Investor Pantau the Fed dan Ketegangan di Ukraina

Bursa Eropa jatuh pada hari Senin (24/1/2022). Investor tunggu pertemuan the Federal Reserve AS berikutnya minggu ini, dan mengawasi perkembangan di Ukraina sejalan meningkatnya ketegangan bersama dengan Rusia.

Stoxx 600 turun 3,6%, bersama dengan saham teknologi dan perjalanan dan liburan jatuh 5,2% karena semua sektor dan bursa utama tergelincir ke zona merah.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Unilever naik 7,3% sesudah laporan bahwa investor aktivis Nelson Peltz menyatukan saham di perusahaan barang kastemer Inggris tersebut.

BACA JUGA
Investor Serok Saham Teknologi, Wall Street Akhirnya Menguat

Di anggota bawah indeks blue chip Eropa, perdagangan di perusahaan rumah perawatan Prancis Orpea ditangguhkan bersama dengan saham turun 16%, sesudah surat kabar Prancis Le Monde menerbitkan artikel yang menuduh keadaan tidak baik di rumah perawatannya Berita Luar Negeri .

Pasar Eropa ikuti rekan-rekan Asia-Pasifik mereka lebih rendah pada hari Senin karena investor bereaksi pada ketegangan yang meningkat pada Ukraina dan Rusia, dan menantikan pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve AS minggu ini.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bakal berjumpa pada hari Selasa dan Rabu untuk mengambil keputusan langkah selanjutnya untuk kebijakan moneter AS.

Inflasi yang meningkat merupakan perhatian utama bagi bank sentral AS dan investor bakal mendengarkan bersama dengan seksama untuk mendengar betapa risau The Fed sebenarnya. Ketua Jerome Powell bakal memberi pengarahan kepada fasilitas Rabu sore saat setempat sesudah FOMC merilis pernyataannya.

Sementara itu, pasar barangkali bakal terguncang oleh kekhawatiran bahwa barangkali tersedia konflik militer yang bakal segera berlangsung pada Ukraina dan Rusia.

Departemen Luar Negeri AS merekomendasikan hari Minggu bahwa semua warga negara AS di Ukraina segera meninggalkan negara itu, bersama dengan alasan penumpukan militer Rusia yang luar biasa di perbatasan.

Data pada hari Senin membuktikan pemulihan ekonomi zona euro tetap tersendat pada Januari karena varian omicron Covid-19 sebabkan beberapa langkah penahanan baru yang menahan aktivitas. PMI IHS Markit turun jadi 52,4 pada Januari berasal dari 53,3 pada Desember, paling rendah sejak Februari.

Leave a Comment